Rabu, 25 Juni 2008

Ojheck... Bechek..Ok deh Jeck..!

Gue bukan lagi nyindir Cinta Laura ya.. Ini lagi mau cerita soal ojek favorit gue. Tukang ojeknya udah tua, namanya ..umm..gue ga tau. (wah parah juga ya?hihi) Pokoknya gue manggilnya Pakdhe. Nah si Pakdhe ini udah tua (50an), berbadan kurus dan pendek, juga berkacamata.

Tapi biar secara penampilan fisik meragukan banget, Pakdhe benar-benar andalan semua orang di kantor gue. Menurut gue dia tuh meski Ojheck, kerjanya ga Jheleck, malahan dia pake hati banget.

Jadi kl gue nyuruh dia anter ini itu atau beli ini itu, tinggal tinggalin pesen di secarik kertas, dan dia siap berangkat. Pakdhe orangnya teliti juga.

Pernah suatu kali gue minta dianter ke Grand Indonesia. Waktu naek ke motor, muka gue keliatan cemas banget. Dia tanya, "Mau beli apa mba?"
"Mau beli barang.. sebenarnya kemaren saya udah beli barang buat kantor. Tapi salah beli... jadinya saya yang nanggung deh.."
"Kenapa ga dituker aja?"
"Mana boleh pak.." jawab gue dengan pesimis..
"Ya nanti dicoba dulu.. Bawa bonnya ga?"
"Umm..enggak..."
"Ambil dulu sana..cepet,,sekalian sama barangnya. Saya tunggu!"

Lalu gue kucuk-kucuk ke kantor lagi ambil bon. Dan ternyata saudara-saudara...benar! Barangnya boleh ditukar! Berkat Pakdhe gue ga jadi rugi.

PERNAH juga suatu kali dia gue suruh ngirimin materi cerpen buat gue ikut lomba cerpen. Jadi deadlinenya itu kan tanggal..um..lupa. Pokoknya hari sabtu gitu.. Gue nyuruh Pakdhe berangkat nganter jam 3 sore. Walhasil kantornya tutup..

Biasanya kalo terjadi hambatan dan rintangan dalam pengiriman, Pakdhe langsug nelpon gue. Bahkan lebih dari itu, dia menyuruh satpam yang menjaga gedung itu menjelaskan bahwa gedungnya emang benar-benar udah tutup. Dan si satpam juga dipaksa memberikan pernyataan bahwa dia bersedia diserahkan tanggung jawab titipan kiriman cerpen gue. Dengan cara itu gue tentunya lebih tenang..dan gue tahu Pakdhe udah berusaha maksimal.

Malemnya Pakdhe sms: Mbak, kakiku capek semua.. Aku tadi itu turun naik 5 lantai ga pakai lift. Kantornya sabtu tutup.

Gue langsung ngakak... kebayang Pakdhe yang kecil-kurus-tua turun naik tangga 5 lantai... Hmm..kasian juga. Ya akhir gue bilang sori dan janji mau kasih tambahan uang buat beli arak gosok biar kakinya sembuh.

Dan ga sia-sia loh..perjuangan Pakdhe.. cerpen gue juara gitu..!

Ada satu lagi yang bikin gue terkesan. Pernah suatu kali gue meeting di kantor sebuah LSm. Secara fisik bangunan kantornya ini ga meyakinkan banget. Cuma rumah 1 lantai. Jendela n pintu senantiasa tertutup. Udah gitu ga ada mobil atau motor yang diparkir di sana. Bener-bener misterius deh tempatnya.

Tapi gue memberanikan diri masuk ke sana. Dan ternyata memang bener alamatnya.

5 menit setelah ngobrol di dalam, gue makan mau bersin-bersin.. Gue segera ngacir keluar rumah itu. DAN..di depan pagar rumah, gue menemukan Pakdhe masih nangkring di motor di tengah siang bolong.

'Loh..kok Pakdhe masih di sini?'
'E.. aku cuma mau mastiin ini bener ya mbak, tempatnya?'

O la la.. ternyata Pakdhe kuatir banget gue disekap di dalam. Setelah Pakdhe melihat gue masih hidup, bahkan sedang bersin, dia baru tenang dan pulang..

Begitu ceritanya...

Tapi Pakdhe ga selalu mau menerima job dari gue. Pernah suatu kali, pas udah malem juga, gue minta Pakdhe anter barang. Tapi dia jawab begini: Sori ya mbak.. Aku mau nonton wayang di Taman Mini. Ceritanya lagi bagus. Lain kali dechh.. (nulis DEH nya pake DECH loh, gaul banget meski udah tua)

Gue cuma senyum-senyum.. ya biarlah Pakdhe nonton wayang sekali-kali.. Meski gue harus puyeng mencari penggantinya.

Moral lesson: Jadi apapun elo, even you are 'just' Thukang Ojheck, kalo loe ngelakuinnya dengan tulus dan penuh kesungguhan hati, you can be star dan make people happy for what your are.

*sigh*

1 komentar:

CV. FreshCo Waterindo mengatakan...

wakakaka ah loe bisa aja ren..
pakde memang baik hati si..
aku juga pernah tanya jalan ke plaza senayan (gue oon, sering kesana juga ga pernah ingat jalannya)lewat telp. dia beritahu. masih ga ketemu. Trus dia sms "udah ketemu belum". Udah gitu dia telpon aku buat nunjukin jalan (padahal kalo aku telp teman aja kalau penting, kalau ga hemat pulsa) GILEEEEEE ni pakde.. sampe nyokap tanya itu siapa
pakde, ojek langgananku yang baik hati hehe